Monday 23 January 2017

Soal Latihan SBMPTN TKD Saintek dan Opening Pembahasan



Bismillaahirrohmaanirrohiim. Oke, satu hari libur ngepost gara-gara ada kesibukan yang gak terduga akhirnya kali ini saya mau ngepost lagi. Yaa.. InsyaAllah post ini akan bermanfaat untuk kalian yang lagi latihan soal SBMPTN dan haus sama tipe-tipe soalnya. Sebelum saya bagi link downloadnya saya ingin ngejelasin sedikit dulu apa sih tuh Saintek ?...
Saintek adalah mata uji pada SBMPTN yang diberikan kepada siswa/i SMA yang saat di sekolah dia mengambil kelas IPA dan mengikuti SBMPTN dengan memilih pilihan Universitas yang bersyarat Saintek. Ngomong-ngomong apa aja sih Universitas yang hanya mengkhususkan peserta SBMPTNnya harus memilih mata uji Saintek pada saat SBMPTN. Oke, mungkin hal itu bakal saya post di hari berikutnya. Oh iyaa.. Saya mohon maaf banget belum bisa ngepost pembahasan dari soal kemarin, ngasih ringkasan materi dan rumus cepat, terus yang lainnya tentang SBMPTN serta tentang kisah saya saat setelah selesai UN dan menyiapkan diri untuk masuk PTN. Uh, banyak banget yaa.. InsyaaAllah itu semua bakal ane posting di mari, tetap setia aja mantengin blog ini. Semoga blog ini bisa bermanfaat banget buat kalian. Tunggu aja untuk di post selanjutnya yaa..

    Nah, saat ini ane bakal bagi soal TO SBMPTN Saintek yang dibuat oleh ZeniQA kemarin. Mungkin ada sebagian dari kalian yang sudah punya, tapi jika belum punya bisa klik link download dimari. Seperti biasanya sebagai utang janji dari post-post sebelumnya, ane bakal bahas satu soal dari TO SBMPTN Saintek ZeniQA ini untuk membayar sedikit tentang pembahasan soalnya. Pembahasan soal seluruhnya akan di post pada post berikutnya, harap bersabar terus yaa.. Oh iyaa sebelum saya bahas silahkan download dulu soalnya dimari..
 https://www.4shared.com/office/Fs9egWDgce/soalSaintek_Try_Out_Info_SBMPT.html 
  Oke, setelah kalian download sekarang kalian buka file pdfnya dan saya bakal bahas dulu mulai dari no.16 yaitu sub materi fisika. Cek thissss....
 
Nah itu nomer 16, nomer awal dari soal sub materi Fisika. Gampang banget yaa.. Wkwk.. Pasti kalian semua pada bisa ngerjain soal ini. Yaudah tapi tetap saya jelskan. Konsepnya  cukup simple, jika kalian melihat soal seperti itu hal yang perlu kalian lakukan adalah melihat hal yang ditanyakannya apa dalam soal, kemudian lihat grafik siapa yang berperan menjadi sumbu y dan sumbu x nya. Pada soal dapat diketahui yang berperan sebagai sumbu y yaitu v (m/s) dan berperan sebagai sumbu y yaitu t (s). Dari soal yang ditanya jarak. Jika melihat rumus, kita ketahui bahwa :
S = v . t
Sebenarnya tanpa melihat rumus, khususnya di Fisika kalian bisa mengetahui jawaban di lihat dari satuannya. Kita ketahui jarak itu satuannya meter. Berarti supaya dua komponen diatas hasilnya menjadi m, dalam ilmu matematik hal itu dikali atau dibagi, yang jelas tidak mungkin dikurang atau ditambah karena satuannya berbeda dalam ilmu Al Jabar itu tidak mungkin bisa terjadi. Jadi, dari kedua komponen satuan v dan t dapat kita ketahui.
m/s ..... s = m
Isi titk dapat kita ketahui yaitu dikali sesuai dengan prinsip matematika.
m/s . s = m  (s habis dicoret)
Sehingga untuk mengetahui jarak, komponen v harus dikali dengan t.
Hal simple yang sering kita ketahui dari grafik diatas, untuk mengetahui jarak tinggal cari luasnya saja dari luas bangun yang ada dibawah garis merah, itu konsep umumnya banget. Tetapi bagaimana untuk tipe jenis soal yang lain jika yang berperan sebagai sumbu y dan sumbu x nya berbeda. Nah, jika seperti itu kalian tingal menerapkan konsep diatas yang sudah saya Bold kan.
Oke, jadi jawaban dari soal diatas yaitu :
I. Luas bangun 1 (t = 0 - 4 s) = 5 m/s . 4 s = 20 m [Luas persegi panjang = p . l]
II. Luas bangun 2 (t = 4 - 8 s) = 5 m/s . 4 s = 20 m [Luas persegi panjang di bawah segitiga     
     siku-siku pada selang t=4 s sampai t=8 s, rumus = p . l]
III. Luas bangun 3 (t = 4 - 8 s) = 5 m/s . 4 s  = 10 m [Luas Segitiga = a .t]
                                                            2                                                  2
Jumlahkan luas seluruhnya = 20 + 20 + 10 = 50 m.
Jawaban yaitu yang D.

    Oke, sekian dulu dari saya.. Kurang lebihnya mohon dimaafkan. Tunggu post-post saya selanjutnya sesuai dengan apa yang saya telah utarakan. Sampai jumpa lagi. Terima kasih.

3 comments:

  1. Ini teh gak ada yang comment. :D
    Jangan malu-malu addik-adikku, tanyakan aja apa yang mau ditanyakan. Soal-soal atau lainnya tentang SBMPTN.
    Karena orang Sukses tidak akan pernah malu untuk bertanya demi kemaslahatan ilmunya. :)

    ReplyDelete
  2. InsyaaAllah dek.. Nanti aku post materi Soshum matematika IPS dahulu, mulai besok.. Tetap stay yaa.. Aku bagi soal plus pembahasannya nanti. :)

    ReplyDelete